Rabu, 26 April 2017

Nanti Malam Ronda? Baca Ini Dulu Agar Ronda Malam Semakin Seru

Masyarakat Indonesia di tingkat ligkungan RT menerapkan sistem keamanan lingkungan berupa ronda malam. Ronda merupakan kegiatan rutin yang disusun ke dalam sebuah jadwal. Umumnya setiap keluarga mengirimkan satu anggota keluarganya yang telah layak alias sudah cukup umur. Satu rumah boleh diwakili oleh kepala keluarganya atau jika berhalangan boleh digantikan oleh anaknya. Intinya itu tadi, harus cukup umur dan berjenis kelamin laki – laki.
Telah kita ketahui di atas bahwa kegiatan menjaga keamanan tersebut merupakan agenda linggkungan masyarakat RT sehingga setiap orang yang bertugas biasanya hanya mendapat giliran satu malam dalam seminggu. Dengan dilaksankannya ronda malam maka hal – hal buruk yang menimbulkan keresahan warga akan terjadinya kerusuhan atau perampokan dapat dicegah.
Agar personil ronda tidak jenuh apalagi tegang dalam menjalankan tugas biasanya terdapat aktivitas – aktivitas ringan pencair suasana. Berikut ini telah kami rangkum beragam aktivitas seru yang dapat dilakukan saat ronda malam, yaitu:
  1. Sosialisai – Berbagi cerita
  2. Seringkali kita terlampau sibuk dengan pekerjaan di siang hari dan mebuat kita sulit bertemu atau bercengkrama dengan orang lain di sekitar rumah bahkan dengan tetangga sebelah sekali pun. Nah, kegiatan ronda malam dapat kita manfaatkan untuk menunaikan kebutuhan sosial tersebut. Buatlah suasana akrab dengan mulai berbagi cerita tentang apa saja yang pernah kita alami kepada tetangga yang menemani kita berjaga. Ceritakan apa saja pengalaman anda yang pantas dibagikan, boleh itu pengalaman jalan – jalan, pengalaman bertemu dengan orang tertentu, atau mungkin pengalaman mistis yang pernah terjadi pada anda. Tak masalah yang penting dapat mencairkan suasana.

  3. Api Unggun – Kebersamaan yang semakin hangat
  4. Ingat kegitan SisKamLing ini dijalankan pada malam hari dimana langit bersih tanpa awan dengan bingtang dan bulan yang muncul dengan penuh percaya diri (sedikit berlebihan ya?). Dengan kondisi langit yang demikian ditambah tak adanya matahari (tentunya) maka bisa dipastikan suhu udara cukup dingin. Namun tak perlu khawatir kita bisa membuat api unggun sebagai penghangat suasana.

  5. Permainan – Serunya kebersamaan
  6. Terakhir inilah poin paling seru untuk dilakukan bersama kegiatan ronda, apalagi kalau bukan memaikan permainan. Agar tidak bosan, tegang, maupun mengantuk ada baiknya kita mulai menantang teman ronda kita dalam sebuah permainan. Umumnya permainan yang dipilih adalah catur dan permainan kartu. Catur sebenarnya sangat seru tetapi bagi orang yang kurang hobi bermain catur pasti memandangnya sangat membosankan maka ada pilihan lain. Kita bisa memilih permainan kartu untuk melewati malam yang penting jangan bermain seperti saat kita di agen domino atau seperti kita sedang mabok bola.
Jadi itu dia beberapa aktivitas seru untuk dilakukan saat ronda malam. Jangan lupakan tugas utama, ya. Ingat Kejahatan dapat terjadi kapan saja. Waspadalah, Waspadalah ….. Pesan ini disampaikan oleh bandar taruhan bola terpercaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar